Struktur Kromosom

4:30 AM |

Struktur Kromosom - Kromosom adalah kromatin yang merapat, memendek dan membesar pada waktu terjadi proses pembelahan dalam inti sel (nukleus), sehingga bagian – bagiannya dapat terlihat dengan jelas di bawah mikroskop biasa. Kromosom berasal dari kata chroma = berwarna, dan soma = badan. Terdapat di dalam plasma nukleus, berupa benda – benda berbentuk lurus seperti batang atau bengkok, dan terdiri dari bahan yang mudah mengikat zat warna.

Kromosom

Dalam perkembangannya kita dapat mengetahui struktur dari kromosom namun, Menurut Sutrian (1992), para ahli biologi ternyata mempunyai anggapan-angapan yang berbeda terhadap struktur kromosom. Perbedaan anggapan ini dikarenakan beberapa hal, antara lain sebagai berikut:
  • Dalam melakukan penyelidikannya, mereka telah menggunakan cara-cara fiksasi dan pewarnaan yang berbeda-beda.
  • Kemampuan mereka untuk melakukan penelitian pada susunan kromosom masih terbatas, meskipun dukungan mikroskop sangat menunjang. Akan tetapi obyeknya yaitu susunan kromosom rumit sekali di mana garis-garis yang sangat halus hanya bisa dilihat sebagai satu garis, sehingga penelitian yang kurang sempurna melahirkan anggapan yang berbeda-beda.
  • Tumbuh-tumbuhan yang diteliti terdiri dari berbagai spesies yang tentunya pula akan melahirkan berbagai anggapan.

Menurut Baranetzky sendiri yang mengamati sebuk tumbuhan Tradescantia (Comelinaceae) bahwa struktur dari kromosom ialah:
  1. Khoromosom terdiri dari 2 benang halus yang disebut khromonemata, yang terpintal bagaikan spiral, yang terdapat dalam nukleus (inti sel) sewaktu pembelahan berlangsung.
  2. Terdapat substansi dasar yang meliputi spiral-spiral khronomena.
  3. Penebalan-penebalan yang disebut chromomer (khromomer) akan terjadi pada jarak-jarak tertentu dari benang halus khromosom. Dan khromomer inilah disebut sebagai pembawa keturunan.
sumber:http://www.biologionline.info/

0 comments:

Post a Comment